Kapal (ship) adalah kendaraan besar pengangkut penumpang dan barang di laut, sungai, dan sebagainya. Meskipun sama-sama kendaraan air, kapal berbeda dengan perahu (boat). Perahu selalu berukuran lebih kecil dari kapal. Kapal bisa mengangkut perahu tetapi perahu tidak bisa mengangkut kapal. Jadi, sekarang Anda sudah bisa membedakan apa itu kapal dan perahu. Kapal juga merupakan alat transportasi paling efektif dan efisien karena kapasitasnya dan daya angkut yang lebih banyak dibandingkan transportasi darat, udara, maupun kereta api .
JENIS - JENIS KAPAL BERDASARKAN FUNGSINYA
Kapal Penumpang ( Passenger Ship ) merupakan kapal yang berukuran besar yang difungsikan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak . Banyak orang salah pengertian mengenai apa itu kapal penumpang dan apa itu kapal pesiar . Mereka sama - sama menganggap bahwa kapal penumpang itu sama saja seperti kapal pesiar karena sama - sama mengangkut penumpang di dalamnya .
Kapal pesiar ( Cruise Ship ) adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Jadi, kapal pesiar selalu memulai dan mengakhiri perjalannya di tempat yang sama. Lama pelayaran kapal pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Selama dalam perjalanan Kapal pesiar dapat berlabuh di beberapa pelabuhan yang memungkinkan untuk bersandarnya kapal . Dan perjalanan dilan
Kapal Feri ( Ferry) adalah sebuah kapal transportasi yang digunakan untuk penyebrangan laut jarak dekat yang mengangkut penumpang beserta kendaraannya.Kapal Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota di pesisir pantai. Kendaraan yang diangkut pun bisa berupa mobil pribadi, bus, truk, ataupun semi-trailer.
Kapal Tanker dibuat untuk mengangkut minyak mentah atu produk turunannya melalui laut atau perairan dari pelabuhan muat atau pelabuhan produksi ke pelabuhan bongkar / pengolahan dan minyak produk dari pelabuhan pengolahan menuju pelabuhan bongkar / distribusi. Jenis utama kapal tanker termasuk tanker minyak, tanker kimia, dan pengangkut LNG. Ukuran dari kapal pengangkut minyak mentah biasanya lebih besar dari pengangkut minyak produk, tetapi dalam pengaturan jaringan pipa-pipanya lebih kompleks.
Faktor-faktor yang mempengaruhi disain dan konstruksi kapal tanker adalah :
a. Safety : Sebagai pengangkut muatan berbahaya.
b. Stabilitas : Muatan cair dalam tanki dapat bergerak bebas.
c. Pencemaran : Dapat terjadi tumpahan minyak di laut.
Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off atau disingkat Ro-Ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.
Kapal Roro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki. Angkutan ini merupakan pilihan populer antara Jawa dengan Sumatera di Merak - Bakauheni, antara Jawa dengan Madura dan antara Jawa dengan Bali
Kapal Tongkang atau Ponton adalah suatu jenis kapal yang dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda atau digunakan untuk mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apug .
Ponton digunakan juga untuk mengangkut mobil menyeberangi sungai, didaerah yang belum memiliki jembatan . Sangat banyak digunakan pada tahun 1960an hingga 1980an di jalur lintas Sumatera, Kalimantan , Sulawesi , Papua Sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan jembatan .
Untuk keperluan wisata, ponton juga masih digunakan. Untuk meningkatkan kestabilan kapal biasanya digunakan dua ponton yang digabungkan secara paralel
tonkang sendiri tidak memiliki sistem pendorong (propulsi) seperti kapal pada umumnya. Pembuatan kapal tongkang juga berbeda karena hanya konstruksi saja, tanpa sistem seperti kapal pada umumnya. Tongkang sendiri umum digunakan untuk mengangkut muatan dalam jumlah besar seperti kayu, batubara, pasir dan lain-lain. Di Indonesia tongkang banyak diproduksi di daerah Batam (Kepulauan Riau) yang merupakan salah satu basis produksi perkapalan di indonesia.
mbak tulisan nya yang bawah kok ngga keliatan?
BalasHapusApa sekarang sudah lebih jelas mbak? Maaf atas ketidaknyamanan Anda, karena terjadi sedikit kesalahan saat penggantian template:) .
Hapusoke mbak sudah kelihatan :D
HapusSyukurlah kalau begitu, semoga Anda menyukainya:)
Hapusapa hanya itu saja jenis kapal di indonesia?
BalasHapusOh tentu tidak, Indonesia memiliki banyak sekali jenis - jenis kapal . Saya mohon maaf atas kurang lengkapnya artikel yang saya tulis karena beberapa hari ini saya masih sibuk dengan aktivitas di sekolah . Secepanya saya akan memperbaruinya:)
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus